Jenis-Jenis Sepatu Kulit Pria dan Kegunaannya

Posted by

Jenis – Jenis Sepatu Kulit Pria dan Kegunaannya – Sepatu merupakan item fashion yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Nah, ada banyak sekali jenis dan model sepatu tetapi sebelum kita mengenal lebih banyak tentang macam-macam tipe sepatu kita ulas dahulu tentang komponen-komponen atau bagian dalam sepatu. Untuk posisi yang berada paling depan disebut Toe, selanjutnya dibagian tengah ada Vamp, lalu bagian yang digunakan mengaitkan tali sepatu disebut Facing dan yang terakhir untuk yang menutupi bagian belakang sepatu disebut Quarter. Selengkapnya seperti yang ditunjukan gambar anatomi sepatu dibawah.

jenis sepatu kulit pria
Ilustrasi: theboots.net

1. Oxford Shoes
Jenis sepatu kulit pria yang pertama ada oxford shoes, sepatu ini merupakan tipe sepatu dengan style paling basic yang merupakan pilihan gaya sepatu kulit untuk kegiatan formal. Tetapi sepatu ini juga bisa dipakai untuk kegiatan atau acara yang lebih casual. Karena sepatu oxford shoes didesain dengan bagian facing yang dijahit kedalam dibagian bawah vamp atau biasa disebut closed lacing. Dengan desain ini sepatu tipe oxford shoes menjadi lebih fit dipakai untuk menyesuaikan bentuk kaki dan terlihat lebih elegan.

 

jenis sepatu kulit pria
Oxford Shoes
Ilustrasi: qlapa.com

2. Derby Shoes
Hampir sama dengan oxford shoes, jenis sepatu kulit pria yang kedua ada sepatu tipe derby shoes terlihat mirip dan banyak yang tidak mengetahui perbedaan antara derby shoes dan oxford shoes. Perbedaan antara oxford shoes dan derby shoes terletak pada desain facing. Desain facing pada tipe derby shoes dijahit pada bagian atas vamp bukan di bagan bawah vamp seperti tipe oxford. Desain ini disebut dengan open lacing dan bisa memberikan ruang yang lebih longgar untuk kaki pemakainya dibandingan dengan oxford shoes, sehingga bisa membuat penggunanya merasa lebih nyaman.

Derby Shoes
Ilustrasi: qlapa.com

3. Monk Strap
Dari sisi desain, monk strap merupakan jenis sepatu kulit pria yang terlihat lebih casual dibandingkan tipe oxford shoes dan derby shoes. Salah satu keunikan dari sepatu monk strap ini adalah dengan tidak adanya tali pengikat tetapi diganti dengan strap yang lebar dan dikaitkan pada buckle yang ada pada sisi samping sepatu. Untuk model desain strap ini juga banyak ragamnya ada yang single, double dan juga triple. Sepatu monk strap ini cocok untuk acara casual karena desainnya yang unik dan stylish sehingga sering menarik perhatian banyak orang.

Monk Strap
Ilustrasi: qlapa.com

4. Loafer Shoes
sepatu tipe loafer shoes merupakan sepatu dengan ciri khas yaitu slip on styling tanpa menggunakan tali atau pengait seperti buckle. Biasanya sepatu loafer lebih sering dipakai perempuan tetapi sebenarnya sepatu ini juga ditujukan untuk para laki-laki. Awalnya sepatu loafer diperkenalkan oleh Wildsmith Loafer di London dan ditujukan untuk kegiatan atau acara casual. Sedangkan pada tahun 1960an di Amerika sepatu loafer mulai banyak digunakan untuk acara dengan setelan formal suit. Biasanya sepatu loafer diberi desain dengan tambahan aksesoris atau hardware metal sehingga terlihat classy tapi tetap stylish.

Loafer Shoes
Ilustrasi: qlapa.com

5. Dress Boots
Dress boots adalah tipe sepatu dengan desain konstruksi yang hampir sama dengan derby atau oxford shoes tetapi memiliki high ankle dengan dibuat lebih tinggi hingga menutupi mata kaki. Sepatu ini biasanya juga didesain dengan ditambahkan broguing atau brogue. Broguing adalah desain hiasan dekoratif yang berupa lubang-lubang kecil pada permukaan sepatu. Sepatu dengan desain broguing ini biasanya juga disebut Brogue Shoes.

Dress Boots
Ilustrasi: qlapa.com

BACA JUGA : Tempat Jual Sepatu Kulit Handmade Jogja

6. Chelsea Boots
Chelsea boots ini merupakan tipe sepatu boots yang cara pemakaiannya cukup dengan memasukkan kaki (slip-on) sama seperti loafer shoes. Bedanya sepatu ini memiliki desain high ankle yang tinggi layaknya sepatu boots pada umumnya. Sepatu chelsea boots didesain simpel namun tetap elegan, hampir tidak ada dekorasi atau aksesoris tambahan pada sepatu ini. Pada bagian vamp dan quarters masing-masing bagian menyatu dan biasanya terbentuk dari satu lembar kulit. Lalu pada bagian samping terdapat bahan elastis yang dijahit diantara bagian vamp dan quarters, bagian yang lentur ini yang memudahkan untuk memakai sepatu ini. Dengan desain yang simpel dan sederhana sepatu ini tetap terlihat bergaya, manly dan stylish.

Chelsea Boots
Ilustrasi: qlapa.com

7. Chukka Boots
Sepatu chukka boots memiliki desain hampir mirip dengan derby shoes dengan desain open lacing pada bagian facingnya. Sepatu ini memiliki high ankle dengan tinggi sampai mata kaki, namun biasanya tidak terlalu tinggi seperti sepatu boots pada umumnya. Bagian yang menjadi ciri khas dari sepatu chukka boots biasanya hanya terdapat 2-3 lubang tali sepatu sebagai pengaitnya. Dengan desain yang sederhana dan minimalis, sepatu ini sangat cocok digunakan untuk acara santai.

Chukka Boots
Ilustrasi: qlapa.com

Itulah beberapa jenis sepatu kulit pria yang wajib kalian ketahui, jadi sepatu jenis apa yang menurut kalian paling favorit?

Incoming search terms:

  • jenis2 sepatu kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *