cara membedakan vans asli dan palsu

Cara Membedakan Vans Asli dan Palsu

Posted by

Cara Membedakan Vans Asli dan Palsu – Banyaknya para pengemar sepatu Vans, memicu semakin banyaknya sepatu Vans palsu atau KW yang dijual di pasaran. Oleh karena itu kita perlu mengetahui ciri-ciri sepatu Vans original mulai dari kode waffle Vans, tag box serta outsole pada sepatu Vans sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Karena jika dilihat sekilas antara sepatu Vans yang asli dan palsu terlihat mirip, tapi jika dilihat dengan lebih teliti maka akan terlihat perbedaannya. Nah, berikut ini akan kita bahas tentang cara membedakan Vans asli dan palsu.

cara membedakan vans asli dan palsu
Ilustrasi: sailwasabi.com

Dapat dibeli melalui Bukalapak atau klik disini.

BACA JUGA: Sepatu Adidas Kulit Hasil Kolaborasi dengan Hender Scheme

  • Dari jahitannya
    Untuk sepatu Vans asli tentunya memiliki jahitan yang rapi dan halus sedangkan untuk sepatu Vans yang palsu biasanya memiliki jahitan yang tidak rapi. Meskipun saat ini banyak juga sepatu Vans KW super yang jika dilihat sepintas sangat mirip dan hampir seolah-olah tidak ada cacatnya. Oleh sebab itu kita pun harus jeli memperhatikan setiap detail sepatu terutama pada bagian jahitan sepatunya.
  • Tulisan Vans
    Pada sepatu Vans yang asli, tulisan “VANS” pada bagian insole tertulis dengan huruf “S” yang terletak tepat di tumit kalian saat kalian memakainya. Apabila sebaliknya, tulisan “VANS” pada insole mengarah keluar dengan tulisan yang tercetak tipis maka kalian perlu meragukan keaslian sepatu tersebut atau bisa dipastikan sepatu VANS tersebut palsu.
  • Perhatikan kode waffle
    Setiap sepatu Vans dilengkapi kode waffle yang terdapat pada bagian outsole. Cina merupakan basis manufacture produksi sepatu Vans yang terbesar dengan mesin produksi yang paling banyak juga. Dan untuk sepatu Vans Made In China memiliki kode waffle diantaranya IFC, HF, DT, SHC, ZDC, ICC. Lalu untuk yang diproduksi di Vietnam menggunakan kode EVB dan yang diproduksi di Indonesia menggunakan kode GSI. Ini perlu kita ketahui karena saat ini ada juga sepatu Vans palsu yang mencantumkan kode waffle tetapi tidak sesuai. Jika kalian menemukan sepatu Vans dengan kode waffle Cina sedangkan pada sepatu Vans tersebut tertera keterangan Made In Vietnam, maka bisa dipastikan sepatu Vans tersebut adalah palsu.

BACA JUGA: Koleksi Sneakers Adidas UltraBOOST X Game of Thrones

  • Bagian Jazz Stripe
    Dan bagian lain yang perlu diperhatikan adalah pada bagian Jazz Stripe di sepatu Vans yang sangat khas. Untuk sepatu Vans yang original memiliki aksen Jazz Stripe dengan jahitan yang rapi dan bentuk yang proporsional. Jika kalian menemukan sepatu Vans dengan Jazz Stripe yang tidak rapi atau mungkin dengan bentuk yang tidak sama seperti yang ada di sepatu Vans pada umumnya, maka bisa dipastikan sepatu tersebut adalah sepatu Vans palsu.
  • Tag box
    Salah satu cara membedakan Vans asli dan palsu adalah dari tag yang terdapat pada boxnya. Jika kalian membeli sepatu Vans, kalian bisa coba mengetikkan atau melakukan pencarian nomor seri yang ada pada tag di Google, apabila nomor tersebut muncul artinya sepatu Vans tersebut memang asli.
  • Bagian outsole
    Pada sepatu Vans yang asli, bagian outsolenya membentuk segi enam di bagian depan. Outsole sepatu Vans sendiri memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan bagian uppernya. Oleh karena itu banyak yang mengatakan untuk membuktikan sepatu Vans asli atau palsu adalah dengan melemparnya, jika sepatu kembali berdiri tegak dengan posisi outsole di bawah itu artinya sepatu Vans tersebut asli. Namun jika sepatu jatuh dengan posisi upper berada di bawah atau dalam keadaan miring maka sepatu tersebut adalah palsu. Nah, tentang benar atau tidaknya teori tersebut memang ada yang percaya ada juga yang tidak. Tapi yang jelas untuk outsole pada sepatu Vans yang asli memiliki kualitas terbaik dan tentunya tidak mudah selip.
  • Beli di Store Vans
    Yang terakhir, untuk bisa mendapatkan sepatu Vans yang asli pastikan kalian membelinya di store Vans. Jika kalian membeli melalui toko online atau marketplace, pastikan kalian membeli di toko online atau marketplace yang terpercaya. Kalian bisa mengceknya dari testimonial para pembeli di toko tersebut. Dan perlu diperhatikan juga untuk harga sepatu Vans asli berkisar antara 600 ribu sampai 1 jutaan tergantung dari serinya. Jika kalian membeli dengan harga antara 300 ribu atau dibawahnya, kemungkinan besar sepatu Vans tersebut adalah palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *